Sunday, June 3, 2012

Apa Saja Fasilitas Internet Yang Dapat Dimanfaatkan oleh Guru

Internet adalah salah satu media yang paling populer dan mudah digunakan oleh semua kalangan. Siapapun dan dimanapun kini dapat mengakses internet. Dalam kaitannya dengan dunia pendidikan pentingnya seorang guru dalam memahami dan memanfaatkan internet sangat diharuskan, seba banyak sekali fasilitas yang dapat digunakan sebagai media oleh seorang pendidik/guru.
Berikut adalah beberapa fasilitas yang terdapat di internet yang bisa dimanfaatkan oleh para pengajar.
  1. Blog.
  2. Banyak situs yang menyediakan blog secara gratisan seperti yang populer digunakan banyak orang di indonesia diantaranya blogspot dan wordpress.
    Guru bisa memanfaatkan blog sbagai media menyampaikan pelajaran secara online, dengan memuat pelajaran pada blog siswa bisa mengakses tanpa ada batasan tempat dan waktu, dengan demikian siswa bisa belajar kapanpun dan dimanapun tidak terbatas hanya di lingkungan sekolah.
    Selain itu guru bisa memanfaatkan blog sbegai media latihan / ulangan mata pelajaran secara online.

  3. Ebook
  4. Pada saat ini buku mata pelajaran telah dibuat berbentuk ebook, semua orang dapat mendownloadnya secara gratis. Manfaatkan fasilitas ini sebaik-baiknya sebab dengan ebook selain dapat menghemat uang juga melatih dan membiasakan diri dalam memanfaatkan teknologi.

  5. Social Networking
  6. Facebook dan Twitter adalah dua situs SN yang paling populer saat sekarang. Guru seharusnya jangan ketinggalan untuk memanfaatkan fasilitas ini. Guru bisa menyampaikan informasi, motivasi dan bimbingan secara personal terhadap anak didiknya melalui twitter atau FB. Selain itu guru bisa melakukan kontrol sosial terhadap muridnya.
Selain tiga fasilitas diatas masih banyak lagi yang bisa digunakan untuk menujnjang keberhasilan guru dalam proses belajar mengajar

0 komentar:

Post a Comment